Rasulullah SAW Melarang Makan Makanan Panas! Ternyata Bisa Menyebabkan 2 Kanker ini

Nasi Panas, Makanan Panas, Rice cooker, Memasak Nasi

Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk mendinginkan makanan sebelum kita memakannya. Mulailah dari pinggir agar yang terambil makanan dari bagian yang sudah dingin, sambil menunggu bagian tengahnya mendingin. Beliau juga melarang kita untuk meniup makanan yang panas.

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad saw telah melarang bernafas di dalam bejana atau meniup air di dalamnya.

Dikatakan oleh Asma’ binti Abu Bakar ra, jika beliau membuat roti Tsarid, maka beliau tutupi roti tersebut dengan sesuatu hingga panasnya hilang. Kemudian beliau berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Sesungguhnya hal tersebut lebih besar berkahnya.”

Abu Hurairah menyatakan, “Makanan itu tidak boleh disantap kecuali jika asap makanan yang panas sudah hilang.”

Ibnul Qoyyim juga mengatakan bahwa Nabi Muhammad tidak pernah makan makanan dalam keadaan masih panas.

Makanan yang tidak panas bila dimakan maka tidak akan menyebabkan gangguan dalam tubuh, misalnya tidak merusak gigi dan mulut, pencernaan.

Penelitian modern menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang panas akan memicu penyakit kanker nasopharinx (kerongkongan). Dalam penelitian lain juga diketahui bahwa makanan panas akan memicu penyakit kanker lambung.

Maka berhati-hatilah jika hendak mengkonsumsi makanan yang masih panas. Tunggulah sampai agak dingin.

Semoga bermanfaat..

Comments